Kamis, 15 Desember 2011

CHRISTMAS bukan XMAS!!

Wow H-9 before Christmas.....................
Seneng - terharu - gembira - pokonya semua perasaan sukacita campur aduk jadi satu.
Menyambut peringatan kelahiran Sang Juruslamat ke dunia untuk nebus dosa kita.
:""""""""""""")
Semua orang antusias mempersiapkan Natal.
Baju baru, kado natal, santaclaus, pohon natal, lilin dan semua bercorak merah & ijo menuhin semua departement store di dunia :")
Tapi ngelirik sedikit history of Christmas, dimana Yesus lahir di kandang domba yang sederhana. Apa itu kemeriahan yg sebenernya dirayain setiap hari Natal itu? :(
Hampir semua lambang itu ga ada hubungannya sama malem natal yang 2000-an taun lalu di Bethlehem.
Di Alkitab ga ada cerita tentang pohon natal, santa, piet, Rudolph dan teman-temannya itu. Gaada pesta pora, makan besar ato lainnya, tapi cuma ada kehangatan, kesederhanaan, sukacita dan kegembiraan yg luar biasa dgn kelahiran Yesus kita.
Ya tapi ga bisa disalahin, itu lah yg dinamain budaya & kebudayaan :) itu cara masing-masing bangsa merayakan kelahiran Juruslamat. Dan kita salah satunya.

Yang mau aku bagi sekarang itu :
Ucapan natal udah ada dari jaman dulu, dengan kalimat pertama pada kartu nama pertama itu berisikan "Merry Christmas and Happy New Year To You" yang sampai saat ini masih disimpen rapi di musium London.
Yang jadi permasalahan, banyak orang menulis sesuatu tanpa mengerti artinya. Mereka (dan kita) suka menulis kata "Christmas" menjadi "X'mas" dengan alasan lebih singkat dan instant. 
Taukah huruf "X" pada kata X'mas yang sering kita tulis itu menyingkat kata apa? Christ. Ya, Kristus. 
Dengan penggunaan X itu, kita mengganti Kristus (Christ) dengan mister X.
Dalam kamus, X artinya seseorang yang ga dikenal karna identitasnya ga jelas.
Atrtinya, kalo kita tulis ” Merry X’mas ” berarti kita merayakan hari natal mister X, seseorang yang tidak punya identitas, seseorang yang tidak kamu ketahui asal usulnya.
Apakah sebutan mister X itu cocok di berikan untuk Tuhan Yesus Kristus?.
Kalau kamu udah yakinin Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat mu, apa pantes menulis ” Merry X’mas ” di ucapan selamat hari natal yang kamu kirim pada saudaramu seiman?

Semoga ulasan ini bermanfaat :')
Oia, aku pertama baca mengenai ini di Broadcast Message yang dikirim salah satu temenku lewat bbm.
Ciao

2 komentar:

  1. Kata Christmas (Hari Natal) berasal dari kata Cristes maesse, frase dalam bahasa Inggris yang berarti Mass of Christ (Misa Kristus). Kadang-kadang kata Christmas disingkat menjadi Xmas.
    Tradisi ini diawali oleh Gereja Kristen terdahulu. Dalam bahasa Yunani, X adalah kata pertama dalam nama Kristus (Christos). Huruf ini sering digunakan sebagai simbol suci.
    Natal adalah hari raya umat Kristiani untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Tidak ada yang tahu tanggal berapa tepatnya hari lahir Kristus, namun kebanyakan orang Kristen memperingati Hari Natal pada tanggal 25 Desember. Pada hari itu, banyak yang pergi ke gereja untuk mengikuti perayaan keagamaan khusus. Selama masa Natal, mereka bertukar kado dan menghiasi rumah mereka dengan daun holly, mistletoe, dan pohon Natal.
    Perayaan Natal pada setiap negara dirayakan dengan kemeriahan yang berbeda.

    BalasHapus